Senin, 15 Juni 2009

SBY Perintahkan Menhan & Panglima TNI Evaluasi Alutsista

Senin, 15/06/2009 13:49 WIB
Anwar Khumaini - detikNews

Jakarta - Presiden SBY meminta Menhan Juwono Sudarsono dan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso untuk melakukan evaluasi menyeluruh dan konsolidasi total terhadap semua alutsista di lingkungan TNI.

"Ini dirasakan perlu agar terjamin dan terdukung manajemen dan teknis termasuk aspek anggaran audit, anggaran mengenai alutsista TNI. Terutama karena kejadian di TNI AU," ujar Manhan Juwono Sudarsono usai rapat terbatas dengan SBY di Istana Presiden Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2009).

Juwono mengaku telah membuat tim untuk mengaudit anggaran Dephan, Mabes TNI dan Mabes di seluruh angkatan dengan menyertakan Dirjen Dephan dan Dirjen Mabes serta Dirjen angkatan.

"Yang akan kita capai adalah zero tolerance. Segera akan ditandatangani dalam waktu dekat," imbuh Juwono.

Dia menambahkan, prioritas anggaran di bidang alutsista lebih mengutamakan keselamatan operasi penerbangan. Oleh sebab itu menurutnya, setiap alutsista yang dipakai jumlahnya akan dioperasikan secara terbatas. Dukungan pemeliharaan lebih diutamakan untuk keselamatan penerbangan baik pesawat maupun helikopter.

"Dari segi itu, dalam keterbatasan kita tetap mengamankan aspek anggaran perawatan dan pemeliharaan untuk menjaga agar kelayakan terbang setiap alutsista dapat terjamin secara teknis," katanya.

Saat ditanya sampai kapan tenggat waktu yang diberikan SBY untuk menyelesaikan masalah ini, Juwono menjawab mulai Senin ini sudah dimulai.

"Khusus tim audit Dephan, Mabes dan Angkatan akan saya tandatangani hari ini. Tenggat waktu kerja mulai hari ini hingga akhir Juli," tandasnya.(nik/iy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar